Cerita Nenek Berusia 96 Tahun yang Baru Merasakan Bangku SMA

66 views
- Advertisement -

JAKARTA – Rambut yang memutih dan kerutan pada kulitnya tak bisa mengalahkan semangat Guadalupe Palacios untuk menempuh bangku SMA. Palacios bukan murid sembarang, ia merupakan nenek berusia 96 tahun asal Meksiko yang baru merasakan pendidikan sekolah menengah atas.

“Saya merasa siap untuk memberikan segalanya. Hari ini adalah hari yang mengagumkan,” katanya Palacios yang akan lulus di usia 100 tahun seperti dilansir AFP (19/4).

Dengan mengenakan seragam sekolah yang terdiri dari kaos polo dan rok hitam, ditambah sentuhan khasnya berupa sweater merah muda, ia mendapat sambutan luar biasa dari teman-temannya di SMA 2 di kota Tuxtla Gutierrez. Dia rajin untuk mencatat setiap pelajaran yang diterimanya, seperti kimia dan matematika, serta memamerkan kepandaiannya di kelas menari.

Palacios hidup dalam kemiskinan di desa dan menghabiskan masa kecilnya dengan membantu pertanian jagung dan buncis milik keluarganya, sehingga dia tidak pernah bersekolah. Saat telah dewasa, dia berdagang ayam di pasar.

Dia memang belajar perhitungan, tapi tak pernah mendapat pelatihan membaca dan menulis. Ketika dia berusia 92 tahun, dia memutuskan untuk mengikuti program melek huruf.

- Advertisement -