Israel Tutup Perbatasan Penyeberangan Gaza

61 views
Perbatasan Gaza/ Reuters
- Advertisement -

GAZA – Israel menutup perbatasan Kerem Shalom dengan Jalur Gaza pada hari Sabtu (12/5/2018) sehari setelah perbatasan rusak selama demonstrasi oleh orang-orang Palestina yang berubah menjadi kekerasan.

Puluhan demonstran Palestina pada Jumat menerobos masuk ke sisi terminal Gaza, saluran utama untuk barang-barang masuk dan keluar dari wilayah itu.

“Persimpangan akan tetap tertutup sampai kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan diperbaiki dan akan dibuka kembali sesuai dengan penilaian situasi,” kata militer Israel, dilansir Reuters.

Lebih dari dua juta orang masuk ke daerah kantong Gaza yang sempit, di mana tingkat kemiskinan dan pengangguran tinggi. Kerem Shalom adalah salah satu dari tiga penyeberangan perbatasan Gaza dengan Israel dan Mesir, tetapi di mana kebanyakan barang melewati setiap hari.

Serangan itu terjadi selama protes massa mingguan di mana ribuan orang Palestina berkumpul di sepanjang perbatasan Israel-Gaza.

Para pejabat kesehatan Palestina mengatakan bahwa sebelumnya pada hari Jumat seorang pria tewas oleh tembakan Israel. Militer Israel mengatakan, kerumunan itu menjadi semakin ganas dan pasukannya membela perbatasan.

Lebih dari 40 warga Palestina telah tewas selama enam minggu protes dan puluhan ribu warga Gaza diperkirakan di tenda-tenda perbatasan di beberapa hari mendatang.

Tidak jelas bagi beberapa warga Gaza mengapa para demonstran memilih untuk menyerang terminal.

- Advertisement -