Derita Korban Bom Surabaya, Ada yang Luka Bakar 90 Persen dan Harus Diamputasi

88 views
Korban Bom Surabaya dievakuasi/ Tribun Jatim
- Advertisement -

SURABAYA – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkapkan para korban luka bom Surabaya menderita luka bakar hingga 90 persen.

Bahkan menurutnya ada yang harus diamputasi kakinya. Menurut Nila,  ada tiga lokasi yang ia perhatikan. Yaitu korban yang terkena ledakan bom di Jalan Arjuna, yang terkena campuran bensin dan  mengalami luka bakar hingga 90 persen.

Korban yang menderita luka bakar parah ini akan menjalani perawatan luka bakar karena cairan tubuhnya mengalami gangguan.

Sementara korban lainnya ada yang terkena pisau lipat, atau potongan baja yang masuk ke kaki korban. Akibatnya,  ototnya harus dijahit dan jika sembuh ini bisa mengganggu fungsional tubuhnya. “Ada juga yang kakinya harus diamputasi,” katanya, dilansir Republika, Selasa (15/5/2018).

Berdasarkan keterangan dari dokter, Nila mengatakan juga bahwa ada korban yang terkena pecahan kaca di kepala. Tetapi beruntung setelah dilakukan CT scan tidak menganggu otak.

Atas penderitaan para korban, pihaknya sudah  membicarakan memberikan trauma healing untuk korban karena banyak korban yang psikisnya trauma.

Sampai saat ini total korban meninggal dunia sebanyak 13 orang, sedangkan korban luka-luka sebanyak 47 orang. Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah dikarenakan masih ada tiga korban yang masih kritis dengan luka bakar mencapai 99 persen.

- Advertisement -