FOZ : Zakat Kami Jadikan Sumber Daya untuk Entaskan Kemiskinan

13 views
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Menurut data Litbang Forum Zakat (FOZ), penghimpunan zakat di bulan Ramadhan 2018 sebesar Rp 870 Milir, terjadi lonjakan dari tahun sebelumnya Rp 694 Miliar. Ketua FOZ Nasional Bambang Suherman mengatakan keriuhan masyarakat yang ingin berzakat di bulan suci Ramadhan harus dibarengi dengan sosialisasi zakat yang seluas-luasnya. Masyarakat harus diedukasi bahwa zakat tak hanya wajib dilakukan saat Ramadhan saja.

Selain melakukan sosilaisasi wajib zakat, FOZ juga harus bisa mengedukasi masyarakat melalui momentum Ramadhan dengan mengajak umat agar bezakat ke sebuah Lembaga zakat yang tergabung Bersama FOZ dengan tujuan supaya zakatnya dapat efektif diterima oleh penerima manfaat.

“Di dalam FOZ angka besar dalam penghimpunan zakat akan dijadikan sumber daya untuk entaskan kemiskinan dengan pendekatan tematik ekonomi, kesehatan, Pendidikan, social budaya dan respon,” ujar Bambang dalam prescon di Jakarta (15/5).

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Fuad Nasar, mengatakan dari perspektif pemerintah Kemenag sangat berkepentingan untuk memfasilitasi inklusi zakat. Menurutnya zakat adalah sebuah pendekatan untuk mengembangkan dan mengajak masuk berbagai elemen untuk bersama membangun bangsa.

Fuad meyakini bahwa kolaborasi antara inklusi zakat dan keungan syariah akan membantu kesejahteraan rakyat dan menolong negara untuk entaskan kemiskinan.

“Ini merupakan sebuah faktor yang sangat penting untuk menurunkan angka kemiskinan di kota dan desa,” paparnya.

Fuad berharap di bulan Ramadhan zakat dapat menjadi pembahasan di tingkat masjid dengan harapan dapat memperkaya bahan materi guna membina karakter generasi milenial sekaligus menstimulasi kebaikan demi kemajuan negara.

- Advertisement -