Iran: Peresmian Kedutaan AS di Yerusalem Memalukan

42 views
Rambu kedutaan AS di Yerusalem/ Reuters
- Advertisement -

TEHERAN – Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif menyebut pembukaan kedutaan AS di Yerusalem sebagai hari yang sangat memalukan.

“Pembantaian rezim Israel tak terhitung jumlahnya terhadap warga Palestina dengan darah dingin saat mereka memprotes di penjara udara terbuka terbesar di dunia,” tulisnya di Twitter.

“Sementara itu, Trump merayakan langkah kedutaan ilegal AS dan para kolaborator Arabnya bergerak untuk mengalihkan perhatian”.

Pekan lalu, Trump menentang upaya terakhir oleh sekutu Eropa dan menarik AS dari perjanjian nuklir multinasional yang ditandatangani dengan Iran pada tahun 2015.

“Jelas langkah mereka untuk memindahkan kedutaan mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem dan masalah nuklir Iran tidak akan dilawan,” Ali Larijani, pembicara parlemen Iran, memperingatkan bahwa relokasi itu akan mengobarkan ketegangan di Timur Tengah.

“Tindakan semacam ini akan meningkatkan ketegangan di kawasan dan dunia,” katanya, dikutip Aljazeera dari kantor berita ISNA.

Larijani mendesak negara-negara Muslim untuk mengambil tindakan yang lebih serius dalam menanggapi “keputusan salah dan tidak bijaksana” Trump.

- Advertisement -