WHO Luncurkan Bantuan Kesehatan untuk Ratusan Ribu Warga Sudan

28 views
Ilustrasi warga Sudan antere berobat akibat Malaria. Foto: al Jazeera.
- Advertisement -
SUDAN – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  mengumumkan peluncuran sebuah proyek untuk memberikan perawatan kesehatan kepada sekitar 242.000 orang di negara bagian Darfur di Sudan barat yang dilanda perang.

Badan PBB menjelaskan bahwa proyek itu datang untuk menjembatani kesenjangan kesehatan di sembilan desa di wilayah Jebel Mara Timur dengan perkiraan biaya $ 1,6 juta.

WHO meluncurkan proyek satu tahun pada bulan Mei, didanai bersama oleh Dana Bantuan Kemanusiaan Sudan, menurut laporan yang dirilis oleh Kantor Urusan Kemanusiaan PBB pada hari Senin (11/6/2018).

PBB mengatakan bahwa proyek tersebut bekerja pada rehabilitasi dan pengolahan lima klinik kesehatan, dan memberikan dukungan untuk empat orang lainnya, serta pembelian obat-obatan dan persediaan medis.

Menurut laporan yang sama, seperti dilansir Anadolu, sekitar 221.000 pasien mendapat manfaat langsung dari proyek klinik melalui akses layanan medis untuk perawatan dan penyediaan obat-obatan esensial, sementara 12.000 orang mendapat manfaat dari layanan promosi kesehatan, olahraga, dan pencegahan penyakit menular.

September lalu, PBB dapat memasuki wilayah Jebel Mara Timur untuk pertama kalinya, sebuah area di mana 105.000 orang membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Darfur telah menjadi tempat terjadinya perang ganas antara pemerintah Sudan dan tiga gerakan pemberontak sejak 2003. Konflik itu telah menyebabkan 300.000 orang tewas dan sekitar 2,5 juta lainnya mengungsi.

Pemerintah Sudan untuk bagiannya menolak angka-angka ini, mengatakan jumlah korban tewas di negara Sudan yang kelelahan perang tidak melebihi 10.000 orang.

- Advertisement -