PBB Gagal Tengahi Koalisi Saudi dan Houthi, Ratusan Ribu Jiwa di Yaman Terancam

183 views
Ilustrasi Kapal bantuan kemanusiaan tiba di pelabuhan Hudaydah, Yaman, Minggu (26/11/2017) setelah blokade Saudi pada tanggal 6 November/ AFP
- Advertisement -

NEW YORK – PBB mengatakan pihaknya terlibat dalam diplomasi ulang yang intens antara Houthi, Arab Saudi, dan UEA untuk mencegah serangan koalisi AS yang dikhawatirkan dapat memperburuk krisis kemanusiaan di Yaman yang paling buruk di dunia.

Diberitakan sebelumnya koalisi Saudi pada Selasa (12/6/2018) mengumumkan akan memulai serangan dan mengingatkan Houthi, sebagai kelompok yang menguasai kawasan Pelabuhan Utama Hodeidah untuk mundur.

Diperkirakan 600.000 orang tinggal di daerah itu, dan dalam skenario terburuk sebuah pertempuran dapat berdampak hingga pada  250.000 jiwa, serta membuat jutaan orang yang menghadapi kelaparan dan penyakit dari bantuan dan pasokan.

Sekelompok senator AS mendesak Sekretaris Negara Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis, dalam sebuah surat pada hari Selasa, untuk dengan kuat mendukung upaya menegosiasikan resolusi untuk konflik dan mendorong semua pihak untuk menghindari langkah-langkah yang selanjutnya akan menghalangi akses Yaman untuk makanan, bahan bakar, dan obat-obatan.

Reuters melansir, UEA  Gargash mengatakan ada rencana untuk menjaga pelabuhan tetap beroperasi dan mendesak komunitas internasional untuk menekan Houthi agar mengungsi dan meninggalkan pelabuhan secara utuh, tanpa menanam ranjau.

- Advertisement -