Israel tembak Jatuh Drone Milik Suriah

49 views
Ilustrasi/ Anadolu
- Advertisement -

YERUSALEM – Israel menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Suriah yang menembus wilayah udaranya pada Rabu (11/7/2018),  sementara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sedang terbang ke Moskow untuk melakukan pembicaraan dengan sekutu terbesar Damaskus tentang kemajuan Suriah di dekat perbatasan yang bergejolak.

Sirine pertahanan-udara di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel dan dekat perbatasan Yordania di dekatnya berangkat ketika rudal Patriot ditembakkan untuk mencegat pesawat tak berawak itu. Ini merupakan  insiden kedua di daerah itu dalam beberapa bulan.

“Kami masih mencari tahu mengapa pesawat menyeberang – apakah itu pada misi militer dan menyeberang dengan sengaja, atau tersesat,” kata juru bicara Letnan Kolonel Jonathan Conricus.

Israel sangat waspada saat pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad maju dalam pemberontakan di sekitar Golan. Israel khawatir bahwa ia dapat mengerahkan pasukan atau mengizinkan sekutu Iran dan Hizbullah untuk mendirikan tempat-tempat empuk dekat garis Israel.

Rusia adalah pendukung besar kekuatan Assad dalam perang sipil berusia 7 tahun. Netanyahu melakukan perjalanan ke Moskow pada Rabu untuk pembicaraan dengan Presiden Vladimir Putin, yang di masa lalu telah menutup mata terhadap serangan Israel terhadap sasaran Iran dan Hezbollah di Suriah sementara membuat jelas Rusia tidak ingin aturan Assad terancam.

“Kami akan membahas Suriah, kami akan membahas Iran, kami akan membahas kebutuhan keamanan Israel,” kata Netanyahu, dilansir Reuters.

“Saya sangat menghargai kontak langsung, tidak langsung dan sangat baik yang saya miliki dengan presiden Rusia.”

Israel merebut sebagian besar Golan dalam perang 1967 dengan Suriah dan mencaplok dataran tinggi strategis dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional dan - Advertisement -