Luar Biasa, Penyelamatan Korban Goa di Thailand

72 views
Tim sepakbola remaja Wild Boars Thailand (12 anggota plus satupelatih) yang terjebak di goa Tham Luang 23 Juni lalu berhasil dievaluasi seluruhnya dalam keadaan selamat (10/7).
- Advertisement -

DI BAWAH sorotan mata dan empati masyarakat dunia serta kerja luar biasa tim penyelamat, akhirnya 12 remaja anggota tim sepakbola “Wild Boars” dan seorang pelatih mereka yang terperangkap di goa Tham Luang, Chiang Rai, Thailand sejak 13 Juni berhasil diselamatkan seluruhnya.

Selain terjebak di titik gua berjarak empat Km dari jalur pintu masuk gua, sebagian lorong gua yang sempit, bahkan hanya cukup untuk dilalui satu orang, sebagian juga tertutup lumpur pekat dengan jarak pandang nol dengan titik tersulit di simpang lorong Som Yak yang berbentuk huruf “T” membuat operasi penyelamatan itu sangat berbahaya dan berisiko tinggi.

Sulitnya medan juga tergambar dari tewasnya seorang anggota tim penyelamat dari satuan khusus SEAL (Sea and Land) AL Thailand, Jumat lalu (6/7) akibat kehabisan oksigen dalam perjalanan pulang dari titik lokasi para korban melalui jalur sama dari mulut gua. Sebanyak 13 penyelam kelas dunia dan lima anggota satuan SEAL AL Thailand dikerahkan dalam operasi penyelamatan yang dramatis tersebut.

Operasi penyelamatan berisiko tinggi selain akibat medan yang sulit, juga sebagian besar ABG tersebut tidak bisa berenang, apalagi menyelam, sehingga mereka di dalam goa mendapatkan training kilat dari anggota tim penyelamat.

Selain membahayakan keselamatan mereka, kepanikan saat melalui lorong sempit di kepekatan lumpur, dikhawatirkan juga bisa membahayakan tim penyelamat. Tim penyelamat juga harus berpacu dengan waktu, karena jika tidak dilakukan segera, tinggi permukaan air (bercampur lumpur) terus naik dan baru akan surut lagi usai musim penghujan empat bulan mendatang.

Acungan jempol juga patut diberikan oleh masyaralat dunia pada pemerintah Thailand yang melakukan operasi penyelamatan secara “all out” dengan mengumumkan Hari Penyelamatan sejak Minggu lalu (8/7) diikuti sukses setelah kelompok pertama terdiri dari empat anak berhasil dievakuasi keluar goa setelah sembilan jam bergulat dengan maut menerobos lumpur di lorong-lorong gua.

- Advertisement -