Tiket AG Kemahalan, Keterlibatan Warga Minim

21 views
Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang akan digelar dari 18 Agustus sampai 2 September. Mari kita sukseskan pesta olahraga terakbar di Asia ini untuk mengukir prestasi dan juga menjadi tuan rumah yang sportif dan bersahabat bagi tamu-tamu dan kontingen asing.
- Advertisement -

MAHALNYA tiket masuk di event-event Asian Games (AG) ke-18 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang 18 Agustus sampai 2 September agaknya menjadi salah satu penyebab rendahnya partisipasi atau keterlibatan masyarakat di ajang pesta olahraga akbar se-Asia yang diikuti 45 negara untuk memperlombakan 40 cabang olahraga itu.

Tiket masuk untuk acara pembukaan saja dibandrol antara Rp750-ribu sampai Rp5-juta, sedangkan untuk acara penutupan antara Rp450-ribu sampai Rp2-juta walau masih lebih murah dibandingkan harga tiket acara pembukaan dan penutupan AG di Incheon, Korsel 2014 (antara Rp1,2 juta hingga Rp8,4 juta). Bedanya, upah minimum bulanan tertinggi di Indonesia hanya Rp3,6 juta, sebaliknya di Korsel, Rp 10,7 juta.

Walau keuntungannya tidak bisa diukur dengan uang, selayaknya, target prestasi olahraga yang hendak dicapai juga optimal, begitu pula citra terkait prestise negara bangsa yang hendak dibangun, manfaat lainnya sebagai tuan rumah AG bisa diperoleh seperti promosi wisata dan pengenalan budaya bangsa.

Penyeenggaraan AG juga bisa dimanfaatkan sebagai edukasi khususnya bagi generasi muda untuk menjadi tuan rumah yang baik, ramah dan beretika serta sportif dan fair sebagai suporter olahraga, selebihnya untuk promosi wisata, kuliner dan mengenalkan budaya bangsa bagi para tamu asing.

Biaya penyelenggaraan helat olahraga terbesar se-Asia yang digelar empat tahun sekali itu cukup besar yakni dari APBN saja Rp 5,2 triliun yang dialokasikan untuk pembangunan venue dan penataan lingkungannya serta sistem transportasi publik, sedangkan dari sponsor Rp1,6 triliun (Rp780 berupa barang dan Rp869 triliun jasa), sementara pemasukan, dari tiket hanya Rp50 milyar dan cindera mata Rp15 milyar.

Asian Games ke-18 diikuti 45 negara se-Asia yang melombakan 40 cabang olahraga, bakal dihadiri sekitar 185.400 tamu asing termasuk 11.000 atlit, 4.400 ofisial dan 170.000 suporter.

- Advertisement -