Telurpun Bisa Terbang

147 views
Karikatur melejitnya harga telur ayam. Benarkah ada hubungangannya dengan Piala Dunia di Rusia?
- Advertisement -

KUDA terbang hanyalah kisah di dunia dongeng, ataupun perwayangan. Kalau dalam alam nyata, kuda terbang sekedar merk cat legendaris yang ada sejak tahun 1960-an. Tapi telur terbang, kini juga ada dalam kehidupan nyata. Tanyakan saja pada ibu-ibu rumahtangga dan tukang bikin kue, harga telor ayam negri meroket. Biasanya sekilo Rp 22.000,- kini terbang sampai Rp 30.000,-

Dalam dunia wayang, kisah kuda terbang adalah milik Dewi Wilutama bidadari yang terkena kutukan dewa, sehingga terusir dari kahyangan dalam bentuk seekor kuda yang bisa terbang. Saat dia terbang melanglang buana, terdengar sayup-sayup suara anak muda menggelar pasang giri (sayembara). “Barang siapa bisa menerbangkan aku melintasi laut ini untuk menuju negeri Pancala, jika lelaki akan kujadikan sahabat, jika wanita kujadikan istri,” kata pemuda yang bernama Kumbayana.

Bagi kuda penjelmaan Dewi Wilutama, ini sayembara yang lebih menarik ketimbang tebakan ikan-ikanan berhadiah sepeda. Diapun mendekat dan siap menyeberangkan ksatria muda itu lewat penerbangan perdana Ngatasangin – Pancala, yang ditempuh selama 45 menit. Dalam penerbangan bebas rokok tersebut, Kumbayana merasakan, bukan naik kuda perempuan lagi, tapi bercengkerama dengan bidadari cantik. Posisi duduknya pun mundur-mundur dan terjadilah hubungan intim di atas langit 10.000 kaki itu. Ketika bayi itu lahir saat mendarat, diberi nama Aswatama dan Kumbayana sendiri bergelar Durna dalam arti: mundur-mundur kena!

Nah, bagaimana dengan kisah telur terbang? Biasanya harga telur ayam naik menjelang Lebaran. Tapi kini, Lebaran sudah lewat harga telur ayam negri justru melejit, dari Rp 22.000,- sekilo menjadi Rp 30.000,-  Kata Mentri Perdagangan Enggartiasto, telur terbang terjadi karena terdampak naiknya harga pakan. Yang pusing tentu saja para ibu rumahtangga, pedagang Warteg termasuk tukang bikin kue dan pabrik roti. Bagaimana harus menyiasati, sebab telur ayam tak bisa diganti dengan telur enthok apa lagi endog kodok.

- Advertisement -