Kopi Solusi Kali Item

128 views
Karikatur tentang penyelesaian bau kali Item yang anyir. Praktis dan ekonomis. Rep: Pos Kota)
- Advertisement -

RABU kemarin (25/07) Komisi X DPR menggelar Rapat Dengar Pendapat soal persiapan Asian Games ke 18 (AG-18). Mitra RDP tentu saja Pemprov DKI dan Pemprov Sumsel, karena merekalah yang ketiban sampur jadi penyelenggara pesta olahraga 4 tahunan se Asia itu. Jawaban Gubernur Sumsel Alex Nurdin sangat meyakinkan, sementara jawaban Wagub DKI Sandiaga Uno masih ngambang. Maklumlah, urusan DKI Jakarta lebih banyak ketimbang Sumsel. Dan, problem kali Item dekat Wisma Atlet Kemayoran sungguh bikin kesel. Tambah kesel dan ngeganjel, ada yang memberi solusi, bau busuk Kali Item dinetralisir saja dengan kopi. Bener nggak itu?

Indonesia memperoleh kepercayaan sebagai penyelenggara AG-18 adalah sebuah kehormatan besar. Semoga ini mengulang sukses AG-4 yang juga diselenggarakan di Jakarta tahun 1962, di era Presiden Sukarno. Kita tentu sangat optimis, karena tahun 1962 yang kondisi ekonomi kita masih sulit saja mampu, apa lagi sekarang. Dulu dana infrastruktur dibantu Soviet, kini Indonesia cukup menganggarkan Rp 6,3 triliun dari APBN.

Dan inilah RDP di DPR itu. Gubernur Alex Nurdin dengan santai menjawab pertanyaan Komisi X bahwa semua persiapan sudah selesai, rakyat Palembang pun bergembira, para atlet dan oficial bakal nyaman di Wisma Atlet Jakabaring. Sebaliknya Wagub DKI Sandiaga Uno, dia optimis persiapan akan selesai tanggal 31 Juli mendatang. Lalu katanya, “Mari kita berdoa, karena semuanya Allah Swt juga yang menentukan.”

Dari kata-kata Wagub DKI tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa hingga kemarin Jakarta sebagai tuan rumah utama AG-18 masih berusaha untuk siap, karena Sandiaga Uno pada akhirnya berserah pada kuasa Sang Pancipta. Sebagai bangsa yang beriman, asal ketemu ungkapan  bernada “Insya Allah” memang kita tak bisa berbuat apa-apa lagi.

- Advertisement -