Kisah 13 Nelayan Indramayu Selamat dan Bertahan di Atas Lambung Kapal Bunga Hati 2

372 views
Ilustrasi /Ist
- Advertisement -

SAMPIT – Sebanyak 13 nelayan Indramayu selamat dari peristiwa kapal tenggelam dan bertahan enam jam di laut dengan mengapung di atas lambung Kapal Motor Bunga Hati 2.

Sebelumnya diberitakan kapal  terbalik akibat dihantam gelombang, hingga ada kapal lain lewat dan menolong mereka.

“Meski posisi lambung kapalnya terbalik, tapi masih mengapung. Di sanalah kami bertahan. Saya cari dan kumpulkan semua ABK (anak buah kapal), karena kalau ada yang terpisah itu yang bahaya,” kata Kapten KM Bunga Hati 2, Maslani, saat tiba di tempat evakuasi di Pelabuhan Sampit, Minggu (5/8/2018).

Maslani dan 12 rekannya bertolak dari Indramayu pada Kamis (3/8/2018) sore. Namun, baru menempuh perjalanan sekitar 30 mil dari pantai, malam itu angin kencang dan gelombang sekitar 2,5 meter menghantam kapal mereka dan membuat kapal berbobot 27 gross ton (GT) itu terbalik.

Maslani dan seluruh anak buahnya panik dan berusaha menyelamatkan diri di tengah gelombang ganas.

Ia makin panik karena teringat salah satu anak buahnya yang tidak bisa berenang. Dengan bersusah payah, anak buah kapal tersebut berhasil diselamatkan berkat bantuan rekan-rekannya.

Mereka kemudian merapat ke lambung kapal yang sudah dalam posisi terbalik agar bisa tetap mengapung dan tidak kelelahan.

Sekitar enam jam terombang-ambing di laut, KM Bahari Maju II melintas pada Jumat (3/8) dini hari. Mereka kemudian melambaikan tangan dan mengibarkan kain merah yang mereka temukan sehingga berhasil terlihat oleh nakhoda KM Bahari Maju II.

Nakhoda dan 12 anak buah kapal tersebut diselamatkan KM Bahari Maju II yang dinakhodai Kapten Hendra Yusuf. Mereka kemudian dibawa ke Sampit karena kapal barang itu memang sedang dalam perjalanan menuju Sampit.

- Advertisement -