Bandara Selaparang Dibuka untuk Percepat Mobilisasi Bantuan Korban Gempa

53 views
- Advertisement -

MATARAM – Guna mempercepat mobilisasi bantuan kepada korban gempa di Lombok, pemerintah memfungsikan kembali Bandara Selaparang, Kota Mataram.

Bandara tersebut sudah difungsikan sejak Kamis (9/8/2018), dimana sebanyak dua pesawat hercules dan pesawat angkut mendarat ddi bandara tersebut.

Pesawat hercules dan pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara (AU) tersebut membawa ratusan ton bantuan logistik dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Selain itu, pesawat tersebut juga mengangkut seratusan personel TNI AU dan tenaga medis.

Komandan Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), Kolonel Nav Budi Handoyo menjelaskan, bantuan logistik yang dibawa TNI dengan menggunakan hercules dan pesawat angkut tersebut berupa makanan, obat-obatan, tenda lapangan, genset dan tenaga medis TNI AU.

Budi mengatakan, digunakannya Bandara Selaparang untuk mempercepat mobilisasi bantuan. Kemudian bantuan segera didistribusikan tepat sasaran kepada korban gempa yang sangat membutuhkan bantuan tersebut.

Ia mengatakan, rata-rata tiap hari akan ada 10 – 12 penerbangan di Bandara Selaparang untuk pesawat pengangkut bantuan logistik dari Bandara Halim Perdanakusuma. Artinya, ada sekitar 100 – 150 ton makanan yang akan diangkut dari Jakarta ke Lombok menggunakan pesawat TNI AU.

‘’Bandara ini akan dimanfaatkan sampai semua sumbangan dari instansi, lembaga, perorangan, LSM semua habis diserahkan di sini semua. Sekarang bantuan tersebut masih menumpuk di Bandara Halim Perdanakusuma,’’ katanya, dilansir laman suarantb, Jumat (10/9/2018).

- Advertisement -