Anak Kelainan Genetik di Gaza Terancam Cacat Mental Akibat Persediaan Susu Kosong

57 views
Ilustrasi/ AA
- Advertisement -

GAZA – Kementerian Kesehatan Hamas yang dikelola Gaza mengatakan  bahwa kekurangan susu terapeutik di rumah sakit setempat mengancam anak-anak yang menderita kelainan genetik.

“Kurangnya susu terapeutik untuk anak-anak dengan PKU [Phenylketonuria], yang disebabkan oleh kelainan genetik dalam metabolisme mereka, membuat anak-anak ini rentan terhadap keterbelakangan mental,” kata kementerian.

Kementerian itu menunjukkan bahwa itu menyebabkan komplikasi pada anak-anak ini, mulai menurunkan IQ mereka secara bertahap sampai mereka cacat mental.

Dikatakannya, sebagaimana dilansir laman Anadolu, bahwa susu terapeutik untuk 22 anak-anak yang sakit di bawah usia 12 bulan “tidak tersedia sama sekali” di toko-toko atau rumah sakit mereka sementara susu untuk pasien di atas usia tersedia dalam jumlah kecil cukup hanya selama tiga minggu.

Blokade 11-tahun Israel di Jalur Gaza telah menghancurkan ekonomi kantong pesisir dan mencabut dua juta penduduknya dari banyak komoditas dasar, termasuk obat-obatan dan peralatan medis.

- Advertisement -