Modal Rp17 Juta, Huntara untuk Korban Gempa Lombok Dibuat dalam Empat Hari

291 views
Ilustrasi Huntara yang dibanguun TNI untuk korban gempa Lombok/ Ist
- Advertisement -

LOMBOK – Prajurit TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) hanya membutuhkan waktu empat hari untuk membangun rumah percontohan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Komandan Batalyon Zeni Konstruksi 13/Karya Etmaka Letkol Czi Aji Sujiwo, menyatakan rumah percontohan ini sifatnya hunian sementara (huntara) dengan rangka dinding, plafon, dan atap menggunakan baja ringan.

Material dinding dari glassfiber reinforced cement (GRC) dengan ukuran 6×6 meter. Rumah terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu, dan ruang keluarga.

Pembangunan rumah ini menghabiskan biaya sekitar Rp17 juta. “Setelah rumah percontohan ini selesai masyarakat bisa mencontoh dan membangun rumahnya sendiri dengan uang bantuan dari pemerintah,” kata dia, dilansir Medcom, Senin (10/9/2018).

Menurutnya, TNI akan mendampingi pembangunan rumah jika masyarakat setuju dengan denah rumah contoh itu. “Mengingat dalam waktu dekat akan datang musim penghujan, yang tentunya akan merepotkan warga yang masih tinggal di tenda,” kata Aji.

Sementara rumah percontohan yang sudah dibuat akan diberikan kepada Ibu Husniati (40)salah satu warga di Dusun Kopang, Desa Mendana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

 

- Advertisement -