UNCTAD: Bantuan Pembangunan Internasional untuk Palestina Menyusut

35 views
Ilustrasi, Satu truk bantuan obat dari rakyat Indonesia diserahkan ke Kementerian Kesehatan Gaza. -Foto : Dok. Bang Onim
- Advertisement -

JENEWA – Badan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCTAD) mengatakan bantuan pembangunan internasional untuk Palestina menyusut lebih dari 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Isabelle Durant, wakil kepala UNCTAD mengatakan penurunan dramatis dalam dukungan donor itu terjadi sebelum pemerintahan Presiden AS Donald Trump memutuskan untuk menghentikan sepenuhnya pendanaan untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), bagian dari kebijakan untuk memaksakan tekanan maksimum pada Palestina untuk memuaskan kepentingan rezim Israel. dan konstituen Zionis di AS.

Bulan lalu, administrasi Trump memutuskan untuk membatalkan semua pendanaan AS ke UNRWA, yang sebelumnya mencapai sekitar $ 350 juta per tahun.

Washington juga memotong sekitar $ 200 juta bantuan untuk Tepi Barat dan Gaza, dan pada akhir pekan mengatakan akan memotong $ 25 juta lebih banyak bantuan langsung ke enam rumah sakit yang terutama melayani Palestina di Yerusalem al-Quds.

Amerika Serikat berencana untuk menghentikan bantuan $ 25 juta ke rumah sakit Yerusalem Timur al-Quds di tengah peringatan akan “runtuhnya” pusat medis.

Mahmoud Elkhafif, yang mengkoordinasi Bantuan UNCTAD untuk Unit Rakyat Palestina, mengatakan bahwa pemotongan AS pasti akan menghasilkan lebih banyak kesengsaraan di Gaza, demikian Press TV.

 

 

- Advertisement -