Pulihkan Negara yang Porak-Poranda, Suriah Ingin Buka Penyeberangan Perbatasan dengan Yordania

410 views
Ilustrasi truk Bantuan Yordania lintasi perbatasan untuk dikirimkan bagi pengungsi dari Dera Suriah/ Reuters
- Advertisement -

YORDANIA – Yordania dan Suriah mengadakan pembicaraan teknis pertama mereka pada pembukaan penyeberangan perbatasan utama di Suriah selatan yang direbut kembali dari oposisi Juli lalu.

Seorang sumber resmi Yordania mengatakan Damaskus, yang mengambil kembali penyeberangan dari oposisi, berharap untuk membuka kembali rute Nassib yang penting  untuk menghidupkan kembali ekonomi Suriah yang porak poranda dan membangun kembali di wilayah yang berada di bawah kendalinya.

Amman juga berharap pembukaan perbatasan akan mengaktifkan kembali miliaran dolar perdagangan transit tahunan antara pasar Eropa dan Teluk di seluruh Suriah.

Sumber itu mengatakan kepada Reuters, pada Kamis (13/9/2018),  sebuah komite teknis dari kedua negara mengadakan pertemuan pertama mereka di perbatasan pada hari Rabu untuk memulai diskusi tentang pengaturan praktis yang diperlukan untuk membuka kembali persimpangan.

“Pertemuan akan terus menempatkan pandangan lengkap dari semua pengaturan terkait untuk membuka kembali penyeberangan pada periode mendatang,” kata sumber itu.

Seorang pejabat Yordania lainnya mengatakan, penyeberangan itu dapat dibuka pada akhir tahun ini.

Sektor swasta Yordania juga menaruh harapan akan kebangkitan dalam perdagangan bilateral di pasar tetangga utama di mana bisnis Yordania memiliki hubungan jangka panjang.

Pemerintah Suriah telah memulihkan kendali sebagian besar negara dengan bantuan dari sekutu-sekutunya, Rusia dan Iran.

Dengan kekuatan udara Rusia, pasukan pemerintah tahun ini telah mengalahkan oposisi bersenjata di daerah-daerah yang tersisa di dekat kota-kota Homs dan Damaskus, dan menyapu wilayah barat daya yang dikuasai pemberontak.

- Advertisement -