199 Orang Tewas Akibat Banjir Nigeria

42 views
Banjir Nigeria/ Reuters
- Advertisement -

NIGERIA – Hampir 200 orang tewas dalam banjir akibat hujan deras musiman di 12 negara bagian di Nigeria, sementara pemerintah sudah menetapkan sebagai bencana Nasional..

Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) mengatakan pada hari Kamis (27/9/2018) bahwa 199 orang tewas setelah sungai Niger dan Benue utama.

Bencana nasional dideklarasikan di beberapa negara bagian tengah dan selatan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa pekan lalu mengatakan ada lebih dari 3.000 kasus kolera yang tercatat dan 97 kematian di negara bagian Nigeria timur laut Borno dan Yobe dalam dua minggu terakhir saja.

NEMA mengatakan dalam pembaruan terbaru bahwa “banjir besar-besaran” sejak akhir bulan lalu membuat lebih dari 286.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Jumlah diperkirakan akan meningkat karena hujan masih turun dalam beberapa minggu mendatang.

Korban membutuhkan tempat berlindung, makanan, obat-obatan dan barang-barang lain seperti kelambu adalah kebutuhan prioritas.

Banjir tidak hanya menghancurkan kota-kota dan desa-desa di sepanjang sungai tetapi juga menghancurkan panen dan membunuh ternak, kata Abubakar Kendehe, sekretaris jenderal Palang Merah Nigeria.

“Salah satu kekhawatiran terbesar kami setelah banjir besar seperti ini adalah ancaman kolera dan penyakit lainnya,” Kendehe memperingatkan.

Sekitar 1,8 juta masih tunawisma di sana, banyak yang tinggal di kamp-kamp sementara sebagai akibat dari konflik.

- Advertisement -