Puluhan Terluka Ketika Tentara Israel Paksa Tutup Sekolah Palestina di Tepi Barat

126 views
- Advertisement -

TEPI BARAT – Tentara Israel  menggunakan peluru karet dan tabung gas air mata pada Senin (15/10/2018) untuk membubarkan para pelajar dan pejabat Palestina yang menentang perintah Israel untuk menutup sekolah di kota Nablus, Tepi Barat.

Pada hari Minggu, otoritas Israel memerintahkan penutupan sekolah Al-Laban-Al-Sawiya di Nablus dengan dalih bahwa siswa telah melemparkan batu ke tentara dan pemukim Israel.

Meskipu ada perintah, mahasiswa dan pejabat lokal berusahauntuk membuka kembali sekolah, mendorong pasukan Israel untuk menggunakan peluru karet dan tabung gas air mata untuk membubarkan mereka.

Kepala dewan kota Samer Eweis terluka oleh peluru karet dan jurnalis foto AFP, Jaafar Ashtiyeh, dirawat di rumah sakit setelah kepalanya dipukul oleh tabung gas, menurut seorang koresponden Anadolu Agency.

Pemerintah Palestina di Ramallah mengecam aturan penutupan Israel sebagai “agresi baru pada pendidikan Palestina”.

“Setiap upaya untuk menyakiti sekolah adalah agresi yang mencolok terhadap proses pendidikan dan serangan terhadap hukum dan peraturan internasional yang menjamin hak atas pendidikan dan pengetahuan,” kata juru bicara pemerintah Yousef al-Mahmoud.

Dia menyerukan tindakan internasional mendesak untuk menghentikan perilaku Israel.

 

- Advertisement -