Berbalas Serangan, Israel Tutup Dua Penyeberangan Perbatasan Gaza

120 views
Perbatasan Gaza/ Reuters
- Advertisement -

TEL AVIV – Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman memerintahkan penutupan kedua penyeberangan perbatasan Israel dengan Gaza pada Rabu (17/10/2018) setelah serangan roket Palestina menghantam sebuah kota di selatan yang mendorong serangan udara balasan.

Arabnews melansir, Lieberman memerintahkan penutupan penyeberangan barang-barang Kerem Shalom dan penyeberangan Erez bagi warga, dan pengurangan zona penangkapan ikan yang diizinkan di sepanjang pantai Gaza hingga tiga mil laut.

“Jet Israel mulai menyerang sasaran teroris di Jalur Gaza,” kata tentara Israel.

Beberapa jam sebelumnya, sebuah roket menghantam kota Beersheba, salah satu yang pertama ditembakkan dalam beberapa pekan terakhir dari wilayah Palestina.

Serangan terjadi setelah berbulan-bulan protes Palestina di sepanjang perbatasan Gaza yang telah menarik respon yang mematikan dari pasukan Israel dan menimbulkan kekhawatiran akan perang baru antara Israel dan Hamas, yang telah berjuang  sejak 2008.

Setidaknya 205 warga Palestina telah tewas sejak protes dimulai pada 30 Maret. Para pengunjuk rasa menuntut hak untuk kembali ke tanah sekarang di dalam Israel, dari mana keluarga mereka diusir atau melarikan diri selama perang 1948 yang menyertai terciptanya negara Yahudi.

- Advertisement -