Korban Tewas Badai Luban di Yaman Meningkat Jadi 12 Orang

29 views
Ilustrasi Topan Menuku Landa Yaman dan Oman/ AP
- Advertisement -

YAMAN – Jumlah korban tewas akibat badai tropis Luban yang melanda provinsi al-Mahra di Yaman  telah meningkat menjadi 12 orang.

Seorang pejabat kesehatan setempat Awad Mubarak mengatakan kepada Anadolu Agency  bahwa 126 orang juga dilaporkan terluka setelah tiga hari hujan lebat menghantam provinsi itu antara 15 dan 17 Oktober.

Mubarak memperingatkan kemungkinan wabah penyakit karena genangan air yang disebabkan oleh banjir besar.

“Kami prihatin bahwa penyakit seperti kolera dan malaria bisa menyebar kecuali tindakan segera diambil untuk mengatasi perairan yang tergenang,” katanya.

Tahun lalu, lebih dari satu juta orang Yaman terinfeksi kolera dan lebih dari 2.200 kematian dilaporkan.

Kolera ini ditularkan melalui air dan menyebar dengan cepat di daerah-daerah di mana sanitasi buruk dan akses ke air minum yang bersih masih kurang.

Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan awal pekan ini bahwa daerah pesisir al-Mahrah adalah yang paling terpukul, dengan sekitar 2.000 keluarga terkena dampak.

Dengan angin yang berkisar antara 56 kilometer per jam dan 83 km / jam, Luban menyerang provinsi itu setelah menyelamatkan Oman dari serangan langsung.

PBB mengatakan rumah sakit utama di kota Qishn belum berfungsi sejak 16 Oktober, sementara di distrik al-Masilah 30 rumah hancur dan 32 rumah lainnya rusak akibat banjir.

Yaman telah dilanda oleh lima badai tropis sejak 2014 ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara.

Pada bulan Mei, Siklon Mekunu menabrak Oman selatan dan pulau Socotra Yaman, menewaskan sedikitnya 11 orang.

Perang di Yaman telah membawa sistem kesehatan yang sudah buruk di negara itu ke lututnya dengan banyak rumah sakit tidak dapat membantu pasien karena kurangnya obat yang tepat dan kerusakan peralatan yang disebabkan oleh serangan udara oleh koalisi Saudi-UEA yang memerangi pemberontak Houthi di negara itu.

- Advertisement -