PANGGUNG SANGGA DEWANTO

92 views
Prabu Dewaculika melapor apa adanya, tapi PenditaDurna merasa dewa-dewa pada gagal paham.
- Advertisement -

LAZIMNYA orang memasang gambar wayang idola pada dinding rumahnya, macam Gatutkaca atau Kyai Semar. Tapi, ini justru wayang mengidolakan tokoh manusia. Lihat saja Prabu Dewaculika dari negeri Sabrangpengawuran, di istananya nan megah dia memasang foto besar eks Ketua DPR Indonesia: Setya Novanto. Dia menilai berhasil merancang proyek kartu identias penduduk tercanggih se Asia, sehingga sejumlah wakil rakyat bisa semakin nyenyak tidur di sidang paripurna karena ikut kecipratan rejeki.

Bahkan DPR periode sebelumnya pernah merencanakan gedung dewan berlapis kaca, tapi gagal dibangun karena terjadi pro kontra pendanaannya. Berkat ide dari negeri seberang itulah, Prabu Dewaculika berkehendak membangun gedung Panggung Sangga Dewanto yang mencakar langit. Bila panggung Sanggabuwana di Keraton Surakarta hanya terdiri rempat lantai, panggung Sangga Dewanto bakal dibangun 36 lantai. Di sini kelak semua kegiatan para begawan di-pol. Begawan macam Durna, Abiyasa, Sempani, Gotama, Suwandagni, masing-masing memperoleh ruang semedi 120 m2, full AC, full kolam renang. Dengan demikian, para begawan tak perlu lagi mandi di mbelik atau pancuran. Di setiap ruangan juga disediakan CCTV, sehingga begawan yang nonton video porno di kala semedi langsung ketahuan.

“Interupsi, pimpinan. Pola kerja baginda raja kok macam Orde Baru saja, semuanya dikendalikan dari pusat,” ujar Patih Dewasengsara dalam sidang terbatas.

Lho…, biar sentralistik, tapi kan antik. Tahu nggak, proyek ini juga sangat sarat nilai moralitas dan komoditas,” terang Prabu Dewaculika.

Raja negeri Sabrangpengawuran itu pun menjelaskan panjang lebar. Moralitas: para begawan bisa lebih berkosentrasi dalam bermeditasi, sehingga ide-idenya sangat bermaslahat bagi bangsa wayang. Komoditas: sisi luar Panggung Sanggadewan bisa disewakan pada operator telepon selular untuk pasang BTS (base transceiver station). Bila Telkomsel, Pro-XL atau Indosat berani bayar Rp 150 juta setahun, berapa keuntungan yang bisa diraup negeri Sabrangpengawuran?

- Advertisement -