Ancaman Banjir di Perbatasan Bogor dan Bekasi

87 views
Peralihan fungsi lahan dan pendangkalan sungai di Tapal Batas Bogor - Bekasi menimbulkan ancaman banjir
- Advertisement -

WARGA di belasan kompleks perumahan di tapal batas antara Kabupaten Bogor dan Bekasi mencemaskan ancaman banjir yang akan tiba di musim penghujan pada pekan-pekan mendatang akibat pendangkalan sungai.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungs-Cikeas (KP2C) Puarman, seperti dikutip Kompas (8/11) mengemukakan, perawatan sungai melalui pengerukan dan penguatan tanggul sungai dan kali amat dibutuhkan di wilayahnya.

Ulah orang-orang tidak bertanggungjawab yangmembuang sampah seenaknya ke sungai, menurut dia, juga berdampak langsung bagi warga yang tinggal di sepanjang tepi alirang sungai.

Menurut dia, paling tidak ada 16 kompleks perumahan di perbatasan Bekasi dan Bogor yang berpotensi terancam banjir, a.l. Vila Nusa Indah 1, 2 dan 3 serta Vila Mahkota di wilayah Bogor dan Pondok Gede Permai, Puri Nusaphala dan Muara Gembong di wilayah Bekasi.

Perumahan Vila Nusa Indah dan Pondokgede Permai dianggap warga setempat paling rawan banjir karena berada di pertemuan Cileungsi dan Cikea yang membentuk Kali Bekasi.

Pendangkalan sungai, tutur Puarman, sudah berada pada level mengkawatirkan, karena kali dan sungai yang mengalir di kawasan tersebut terakhir kali dikeruk 45 tahun lalu (pada 1973).

Kekhawatiran warga terhadap ancaman banjir semakin menebal mengingat kawasan di dekat perumahan yang semula dijadikan lokasi pembuangan air sudah beralih fungsi menjadi pabrik dan pool taksi, sedangkan di sebagian areal sawah sudah berdiri kompleks perumahan.

Kabid Irigasi dan Sumber Daya Air Dinas PU dan Penataan Ruang Kab. Bogor Edy Mulyadi mengakui, wilayah perbatasan Bogor dan Bekasi memang daerah rawan banjir akibat pertemuan aliran sungai yang cukup besar, ditambah menurunnya kontur permukaan tanah.

Menurut dia, banjir menyambangi hampir setiap tahun sehingga perlu diberikan peringatan dini, dan berdasarkan hasil pertemuan dengan warga, dilakukan peninggian dinding turap.

- Advertisement -