Dompet Dhuafa Resmikan Program Warung Berdaya di Jawa Timur

15 views
- Advertisement -

MADIUN – Dompet Dhuafa meresmikan  program Warung Berdaya – Jawa Timur Fried Chicken (JFC), yang merupakan program pemberdayaan ekonomi berbasis kuliner ayam goreng ala resto cepat saji.

Dalam program ini, sebanyak 20 penerima manfaat program terpilih, mendapat gerobak serta seperangkat alat masak untuk memulai usahanya. Selain gerobak dan peralatan masak, Dompet Dhuafa yang bersinergi dengan mitra Asosiasi UMKM juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan untuk para penerima manfaat.

Ketua Asosiasi UMKM, Dedi Prasetyo,  mengungkapkan rasa terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan para donaturnya, seraya menambahkan  bahwa program Warung Berdaya Fried Chicken Jatim tersebut akan menjadi salah satu program latihan wajib kelompok dan sosialisasi dalam program usaha mikro binaan tersebut.

“Tugas kami memililh & mendampingi pelaku UMKM. Mengawal, mengelola, memberi fasilitas, juga mendampingi. Agar program tersebut memiliki input baik & output-nya dapat dipertanggung jawabkan, baik pada kita sendiri, pada para donatur Dompet Dhuafa, juga pada akhirat kelak,” ungkapnya.

Pada gelaran tersebut, Asosiasi UMKM Jawa Timur turut menggelar pameran ragam produk hasil olahan UMKM binaan mereka, meliputi bidang usaha kuliner, agrobisnis, handicraft, konveksi, dan lain-lain. Seperti Verlin, salah satu kelompok anggota asosiasi UMKM yang mengelola produk hasil olahan handicraft dan aksesoris.

“Usaha kami merupakan turun temurun dari orang tua. Tapi sempat jatuh dan tidak berkembang. Maka kami mencoba terus berkembang melalui kegiatan binaan ini. Produk kami mempertahankan khas budaya berbentuk wayang dari kulit yang dijadikan souvenir, hiasan rumah, atau gantungan kunci,” aku Verlin.

Sementara Kholid Abdillah, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, menambahkan bahwa Dompet Dhuafa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat selama 25 tahun kiprahnya dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, serta kebencanaan melalui pendayagunaan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf).

- Advertisement -