Sembilan Kecamatan Dilanda Banjir dan Longsor, BPBD Cianjur Tetapkan Siaga Bencana

42 views
Ilustrasi longsor Puncak 5 Februari 2018/ Tribun
- Advertisement -

CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Cianjur, Jawa Barat menetapkan status siaga bencana banjir dan longsor sejak 1 sampai 31 November.

Penetapan dilakukan seiring dengan keluarnya surat peringatan dari BMKG. “BPBD Cianjur mencatat sejak satu bulan terakhir, sembilan kecamatan dilanda bencana alam banjir, puting beliung, dan longsor,” kata Sekretaris BPBD Cianjur Sugeng Supriyatno.

Banjir dan longsor melanda Kecamatan Leles, Agrabinta, Sukaresmi, Cikadu, dan Cijati, sedangkan kejadian yang terbaru di Kecamatan Naringgul.

Sementara puting beliung terjadi di Cipanas dan pergerakan tanah terjadi di empat titik di dua kecamatan, yakni Bojongpicung dan Cikalongkulon.

“Kami menyiagakan 360 relawan yang ada di 12 desa tanggap bencana dari total 343 desa. Mereka sudah dibekali pengetahuan tentang kebencanaan dan segera bertindak ketika dibutuhkan,” katanya, dilansir Antara.

Terkait dengan penanganan longsor di Kecamatan Naringgul yang menutup landasan jalan utama sepanjang 50 meter, dan pada Senin (12/11/2018) menjelang malam sudah terbuka, meskipun belum dapat dilalui dari kedua arah secara normal.

 

- Advertisement -