BPBD: 13 Wilayah di Jabar Berpotensi Banjir

24 views
Ilustrasi / Infobdg.com
- Advertisement -

BANDUNG – Seiring dengan ditetapkannya status siaga banjir dan longsor di Jawa Barat, ada sebanyak 13 wilayah di Jabar yang berpotensi banjir di musim penghujan hingga Mei 2019 mendatang.

13 wilayah tersebut yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung dan Kota Cimahi.

“Bagian utara dan tengah berpotensi tinggi banjir, seperti di Kabupaten Bandung yang sampai sekarang masih terjadi banjir sejak masuk musim hujan,” kata Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Dicky Saromi, Rabu, (14/11/2018).

Dicky mengatakan 13 wilayah tersebut berpotensi banjir karena disebabkan beberapa hal di antaranya tidak begitu baik tata air seperti drainase, ketersediaan kolam retensi, dan tanggul sungai.

Selain itu, banyaknya bangunan di daerah resapan air pun menjadi salah satu penyebab terbesar terjadinya banjir. Pasalnya tak sedikit kabupaten/kota mengeluarkan izin pembangunan di kawasan resapan seperti di bagian utara Jabar.

 

- Advertisement -