Setahun Pasca Erupsi, Aktivitas Gunung Agung Masih Fluktuatif

15 views
Sunset di Gunung Agung, Senin (25/9/2017)/ Reuters
- Advertisement -

BALI – Sudah satu tahun Gunung Agung di Bali erupsi yakni pada 21 November 2017, dan hingga kini masih terjadi aktivitas gempa vulkanik.

Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kasbani mengatakan sejak tanggal 27 Juli 2018, sudah tidak ada erupsi lagi dan hanya ada hembusan saja

Meski demikian, Kasbani mengatakan, PVMBG masih terus mengevaluasi aktivitas Gunung Angung. Status aktivitas gunung tersebut hingga saat ini masih belum diturunkan.

“Meski sudah tidak ada erupsi, tapi kadang-kadang masih terjadi gempa vulaknik yang potensi (memicu) terjadi kenaikan magma, memang tidak terlalu besar,” kata dia.

Menurut Kasbani, sejumlah gempa besar yang terjadi di seputaran Gunung Agung, di antaranya masih serangkaian Gempa Lombok yang dimulai 29 Juli 2018 masih berpengaruh pada aktivitas gunung tersebut.

“Gempa vulkanik yang menunjukkan adanya aktivitas magmatik dari bawah (gunung) relatif kecil. Yang ada gempa-gempa hembusan, kemudian ada gempa tektonik jauh,” kata dia, dilansir Tempo, Jumat(23/11/2018).

PVMBG sengaja mempertahankan status aktivitas Gunung Agung masih Siaga (Level III) karena aktivitasnya masih fluktuatif.

 

 

- Advertisement -