SESAJI RAJA SINGA

190 views
- Advertisement -

sang prabu mau melanjutkan browsing, Setyaki yang sedari tadi diam, tiba-tiba tunjuk jari persis murid SD dalam mata pelajaran mencongak.

“Terlepas dari ancaman untuk Ngastina, Ngamarta, Wirata dan Mandura, saya pribadi sangat tersinggung atas ulah raja Tunjung Baribin. Nama begitu banyak, tapi kenapa mengadopsi nama saya tanpa ijin. Ini kan pelecehan….” Kata Setyaki berapi-api.

“Lho memangnya kamu punya nama lain selain yang tertera di ijasah?” potong Prabu Baladewa.

Setyaki pun lalu berkisah bahwa dia memiliki sejumlah nama lain. Ada Bima Kunthing, ada Singa Mulangjaya; yang kesemua ini sudah didaftarkan Hak Patent nya di Kementerian Kehakiman. Tapi kenapa tiba-tiba raja  Tunjung Baribin mencaploknya? Mending kalau memberi royalti. Ini sungguh penghinaan tiada tara.

“Maka atas nama kehormatan Setyaki pribadi, izinkan saya melabrak langsung Prabu Singa apa itu, malam ini juga.” Ujar Setyaki lebih lanjut. Wajahnya memerah, marah, lupa kalau puasa, atau sudah mau bedug magrib ini.

“Husy! Jangan sembarangan kamu, Dimas Setyaki. Prabu Singa Mulangjaya kan sakti luar biasa. Kalau kamu mati, anakmu masih kecil-kecil lho ya….” Prabu Kresna mengingatkan.

Rupanya tekad Setyaki tak bisa lagi diamandemen. Maka sebelum berangkat, Prabu Kresna menyilakan para tamu isoma (istirahatp-solat-makan) dulu. Mereka hanya makan sederhana,  pesan ke  RM Padang terdekat. Maklum tak ada persiapan, karena mereka juga tak memberi tahu sebelumnya. Minumnya pun dikemas plastik, yang langsung dicucup (disedot pakai mulut) langsung bila keseretan.

Sementara itu di negeri Tunjung Baribin, Prabu Singa Mulangjaya yang berkepala singa dan rajanya para singa itu tengah marah-marah kepada Patih Singa Mulangsarak. Masalahnya persembahan sesaji untuk Betara Kala belum mencapai kuota. Dari alokasi 1.000 kepala, baru terpenuhi 635 kepala raja di segenap negeri perwayangan. Prabu Singa Malangyuda sangat khawatir, bila target tak terpenuhi bisa digeser posisinya oleh pihak Kahyangan.

- Advertisement -