Iran: AS Berada di Balik Bencana Kemanusiaan Yaman

39 views
Ilustrasi kondisi Yaman dalam pertempuran/ Independent
- Advertisement -

TEHERAN – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan Amerika Serikat berada di belakang bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung di Yaman, karena memberikan senjata dan dukungan keuangan bagi negara-negara penyerang.

“Amerika Serikat telah menyebabkan salah satu bencana manusia terbesar di Yaman, sebagaimana diakui oleh organisasi internasional, melalui penyediaan dukungan keuangan dan politik dan memberikan senjata kepada pasukan agresor,” kata Bahram Qassemi, Minggu (10/12/2018).

Menolak tuduhan bahwa Iran telah meminta untuk mengirim delegasi ke pembicaraan perdamaian Yaman yang sedang berlangsung di Stockholm, Swedia, juru bicara Iran mengatakan, “Sejak awal krisis di Yaman, Republik Islam telah menekankan perlunya pembicaraan Yaman-Yaman dari setiap intervensi asing dan pembicaraan yang sedang berlangsung di Stockholm adalah sifat Yaman-Yaman. ”

Di tempat lain dalam sambutannya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran mencatat bahwa Iran telah berulang kali menyatakan dukungannya secara eksplisit dan penuh untuk misi PBB di Yaman untuk menemukan solusi politik yang tepat sebagai satu-satunya cara untuk menyelesaikan krisis di negara miskin.

“Pendekatan Iran datang pada saat Amerika Serikat telah mengeluarkan izin untuk perang yang menghancurkan dan tidak manusiawi terhadap rakyat Yaman dengan mengadopsi kebijakan parsial, destruktif dan tidak seimbang,” tambah Qassemi, dikutip Press TV.

Dia mencatat bahwa Republik Islam berharap bahwa semua pihak dalam pembicaraan Swedia akan mengadopsi pendekatan “independen dan damai” dalam kerangka pembicaraan nasional dan Yaman-Yaman untuk mengakhiri intervensi oleh pihak asing dan mengakhiri penderitaan Yaman yang tertindas.

 

- Advertisement -