Jenazah 17 TKI Korban Kapal Tenggelam Ditemukan di Selat Malaka

143 views
Ilustrasi /Ist

RIAU – Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Riau menyatakan  17 jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang menjadi korban kapal tenggelam saat akan pulang dari Malaysia sudah ditemukan di perairan Selat Malaka.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gafur, di Pekanbaru, Rabu (12/12/2018), menyatakan data yang dihimpun dari BPBD Bengkalis menyatakan bahwa jumlah korban hilang kurang lebih ada 20 orang.

“Sampai saat ini sudah ditemukan sekitar 17 orang, dimana tujuh orang diantaranya ditemukan tanpa identitas,” katanya.

Ia mengatakan BPBD Bengkalis ikut melakukan pencarian jenazah TKI tersebut dengan melakukan penyisiran di Perairan Desa Pambang Pesisir, Desa Papal dan Desa Perapat Tunggal Kecamatan Bantan.

BPBD bergabung dalam tim bersama Basarnas, dan Satpol Air Bengkalis dalam proses pencarian yang sudah berlangsung selama lebih dari 12 hari sejak November 2018.

Sebelumnya, sejak akhir November lalu nelayan di Pulau Bengkalis dan Kota Dumai dibuat heboh dengan penemuan mayat-mayat tanpa identitas.

Dilansir Antara, Polda Riau membuka pos pengaduan di RS Bhayangkara di Kota Pekanbaru untuk masyarakat yang merasa anggota keluarganya menjadi korban kapal tenggelam dari Malaysia tersebut. Sejumlah mayat yang tanpa identitas juga menjalani proses identifikasi di RS Bhayangkara.

Polda Riau belum bisa menyimpulkan penyebab kematian apakah karena kapal yang digunakan TKI benar-benar tenggelam atau ada sebab lainnya. Menurut informasi dari pihak keluarga korban, TKI tersebut menggunakan jalur tidak resmi dengan kapal dari Malaysia dan masuk ke Indonesia melalui Kabupaten Bengkalis, Riau.