Libur Sekolah, LKC Dompet Dhuafa Khitan Massal Bersama BAZIS BTN

56 views
- Advertisement -

PURWOKERTO – Siti Asiyah (36) tak mampu menahan haru, putra semata wayangnya, Hilabi Ikhsan Maulana (10) akhirnya bisa menjalankan salah satu sunnah fitrah yang muakkadah, khitan.

Bagi orang tua tunggal seperti Siti Asiyah, mendapat informasi khitan massal yang _gratisan_ adalah hal yang sanggat di tunggu-tunggu. Betapa tidak, wanita asal Desa Parungkamal RT 04 RW 07 Kec. Lumbir, Kab. Banyumas Jawa Tengah ini ditinggal oleh suami pergi entah kemana.

Membesarkan Ikhsan dalam kondisi Ia sakit-sakitan butuh perjuangan yang tidak mudah. Dirinya bersyukur, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jateng memberikan kemudahan dalam layanan khitan bagi anaknya dan puluhan anak-anak dhuafa lainnya.

Kerjasama dengan BAZIS Bank BTN Cabang Purwokerto, LKC melaksanakan proses khitan sebanyak 50 anak yang berasal dari keluarga dhuafa. Pelaksanaan khitan telah dilakukan sejak Selasa (18/12) lalu, dan puncaknya besok Sabtu (22/12) di Bank BTN Cab. Purwokerto untuk dilaksanakan pemberian santunan dan bingkisan bagi peserta.

Direktur LKC Jateng, Titi Ngudiati mengatakan, antusiasme masyarakat untuk khitan pada libur sekolah ini sangat tinggi, kuota yang langsung habis pada hari kedua pendaftaran di buka.

Senada dengan Titi, Turisno, Ketua BAZIS bank BTN Cab. Purwokerto mengatakan, diluar dugaan peserta yang mendaftar banyak dan mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik antara BAZIS BTN Cab. Purwokerto dan LKC Dompet Dhuafa.

Khitan adalah sunnah fitrah yang sangat ditekankan, sebagian ulama berpendapat hukumnya wajib untuk laki-laki. Khitan di usia anak-anak itu lebih utama, karena memang lebih mudah dilakukan ketika masih anak-anak. Tidak boleh menundanya hingga usia baligh. Bahkan wajib menyegerakannya sebelum baligh, namun banyak anak-anak belum khitan hingga baligh, karena terkendala akses dan biaya.

- Advertisement -