Pergerakan Tanah di Cianjur, Puluhan Warga Cianjur Mengungsi

344 views
Ilustrasi Tanah longsor di Dusun Jelok RT 02 RW 03 Watugajah Gedangsari pada Rabu (9/11/2016) malam. (Foto: BPBD Gunungkidul)
- Advertisement -

CIANJUR – Longsor akibat pergerakan tanah mengancam belasan rumah di Kampung Cibitung, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat.

Sekdes Mekarjaya Tarsa (52)  mengatakan warga yang rumahnya terancam saat ini terpaksa diungsikan ke tempat yang dinilai aman dari bencana karena sejak terjadinya pergerakan tanah sejumlah rumah mengalami kerusakan.

“Pergerakan tanah sampai hari ini masih terjadi, sehingga 29 jiwa kami ungsikan ke tempat aman dan sebagain menumpang di rumah sanak saudaranya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya, Rabu (26/12/2018).

Ia menjelaskan, warga yang memilih untuk diungsikan karena sebagian besar rumah mereka sudah terancam, bahkan beberapa di antaranya rusak di bagian lantai dan atapnya.

“Dikhawatirkan hujan terus turun dan tanah tebing dengan kemiringan mencapai kurang lebih 45 derajat yang sudah retak ambruk dan menimpa rumah warga,” katanya.

Pihak pemerintahan desa telah berkoordinasi dengan kecamatan untuk mengantisipasi terjadinya longsor menimpa perkampungan akibat pergerakan tanah.

“Setelah petugas dari kecamatan datang dibantu petugas BPBD Cianjur, warga mengungsi ke tempat yang lebih aman dan Rabu ini sebagian warga ada yang sudah membongkar rumahnya,” kata Tarsa, dilansir Antara.

- Advertisement -