JITAPSARA GUGAT

62 views
- Advertisement -

Harjuna segera menuju ke Dwarawati. Di sana diperoleh info bahwa Betara Kresna sedang istirahat di Istana Balekambang, dekat terminal bis Nggilingan Solo. Ternyata benar, dia nampak tiduran dengan dikawal oleh Setyaki. Semprul tenan, habis dapat duit banyak lalu tidur melulu. Harjuna ingin segera membangunkan, tapi malah dipelototi Setyaki.

“Maaf, yang tidak berkepentingan dilarang masuk!” sergah Setyaki garang.

“Lho, saya berkepentingan kok. Jadi boleh masuk, dong. Sebentar saja.”

Harjuna nggrayang (meraba) tubuh Prabu Kresna, ternyata sudah kosong, tinggal jasadnya doang. Harjuna segera ikut-ikutan rebahan di samping Betara Kresna, dan less……. Ketika Setyaki mencoba meraba tubuh Harjuna, ternyata juga sudah kosong, tinggal jasad tanpa makna.

Sesungguhnya, dalam bentuk sukma (rokh) Betara Kresna telah berada di Jonggring Salaka, sowan Sanghyang Betara Guru (SBG) yang hari itu bersama Betara Narada dan sekretaris dewa, Penyarikan, tengah menyusun Kitab Jitapsara. Isinya adalah skenario Perang Baratayuda hingga 10 episode. Misalnya, Seta lawan Bisma, yang dimatikan Seta. Lalu Adipati Karno lawan Gatutkaca, yang gugur Gatutkaca. Kemudian ketika Karno dipertemukan Harjuna, yang mati Adipati Karno. Tapi ketika Baladewa hendak dihadirkan sebagai senapati melawan Antareja, sukma Betara Kresna yang kini bernama Sukmawicara protes.

“Interupsi bapak pimpinan. Kami keberatan jika Kangmas Baladewa dipasang sebagai calon jadi senopati Baratayuda.” Ujar Sukmawicara sambil tunjuk jari.

“Siapa kamu, kok berani interupsi segala?” bentak SBG sambil gebrak meja.

“Mereka sama-sama sakti, jika dipertemukan, kapan Baratayuda selesai? Sampai dalangnya sendiri mati tua, belum juga bubar.” Betara Kresna beri argumentasi.

Sukmawicara lalu tunjukkan kartu pengacara “Betara Kresna & Rekan”, sekaligus surat kuasa dari keluarga Pandawa. Tahu bahwa tamu satu ini penjelmaan sekaligus titisan Wisnu, SBG Cs terpaksa mengakomodir gugatan dan keberatan raja Dwarawati. Tapi masalahnya, jika Baladewa ditarik, Antarareja bisa jomblo dalam perang karena tanpa musuh.  Lalu bagaimana pula meredam amuk Baladewa yang tak kebagian proyek?

- Advertisement -