Australia Dilanda Kekeringan, Suhu Terpanas Capai 49 Derajat Celcius

21 views
ilustrasi Kekeringan di Australia/ Reuters
- Advertisement -

AUSTRALIA – Masyarakat di negara bagian Queensland, Australia hampir 60 persen secara resmi mengalami kekeringan di tahun ke tujuh berturut-turut.

Banyak petani  menyebutnya sebagai “Big Dry,” dan kurangnya hujan menyebabkan kesulitan keuangan. Keuntungan pertanian di Queensland diperkirakan akan jatuh lebih dari $13.000 pada 2019. Produsen biji-bijian dan perusahaan susu diperkirakan yang paling parah terimbas.

VOA menghimupun, pada Agustus, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison meninjau sebagian daerah yang terkena kekeringan terburuk di Queensland dan menjanjikan dana $ 3,5 miliar untuk membantu masyarakat agar lebih tangguh melawan kekeringan.

Tetapi sebagian komunitas meminta lebih banyak dana dikucurkan untuk memperbaiki jalan dan jalur kereta api di daerah-daerah terpencil dari negara bagian itu.

Australia merupakan benua dengan keadaan alam yang ekstrem. Gelombang panas baru-baru ini mencatat, suhu mencapai hampir 49 derajat Celcius di Australia Barat, sementara topan mengancam Northern Territory. Kebakaran hutan mengakibatkan ibukota negara bagian Tasmania, Hobart tertutup kabut asap.

Pada bulan Agustus, kekeringan dinyatakan secara resmi berlaku di seluruh negara bagian New South Wales di Australia.

Australia adalah benua paling kering kedua di dunia. Curah hujan tahunan rata-rata kurang dari 60 sentimeter di lebih dari 80 persen negara itu.

- Advertisement -