Sampah di Kali Pisang Buat Warga Sulit Tidur

13 views
Sampah di Kali Pisang Bekasi/ Suara.com
- Advertisement -

BEKASI – Warga yang tinggal di bantaran Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, mengaku tumpukan sampah membuat resah hingga membuat sulit tidur.

Hal tersebut diakibatkan banyak nyamuk dari  tumpukan sampah dan membuat warga sulit tidur.  “Tumpukan sampah bikin bau menyengat, banyak nyamuk. Saya jadi susah tidur,” kata Maria (46), Selasa (8/1/2019).

Maria mengatakan, meskipun sudah terbiasa, namun lama kelamaan dirinya risih dengan tumpukan sampah yang semakin banyak sejak satu bulan terakhir ini.

Selain nyamuk, pada pagi dan siang hari  lalat juga banyak mengerubungi rumah di sekitar bantaran kali. Apalagi kalau baunya terbawa angin terasa tercium menyengat.

Warga lainnya, Sukaesih mengatakan, kondisi kumuh di Kali Pisang Batu sudah berlangsung lama. Dahulu kali itu dipenuhi banyak eceng gondok. Namun, setelah dinormalisasi, sampah muncul dan semakin parah satu bulan terakhir ini.

Dia mengaku jika warga sekitar kali tidak pernah membuang sampah ke kali itu. “Permukiman di sini sampahnya rutin diangkut petugas kebersihan sama dibakar di tanah kosong depan rumah. Tapi malah kami kena dampaknya,” katanya, dikutip Warta Kota.

Sementara itu Kepala Desa Pahlawan Setia Zainal Abidi mengatakan, sudah sekitar 100 truk mengangkut sampah dari Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi sejak Sabtu (5/1/2019).

Zainal mengatakan, jika dikalkulasi, satu truk dapat menampung tujuh ton sampah. Artinya, sebanyak sekitar 700 ton sampah sudah terangkut selama tiga hari pengangkutan sampah.

 

- Advertisement -