Masalah Tembok Perbatasan Tak Kunjung Usai, Trump Pertimbangkan Umumkan Keadaan Darurat Nasional

150 views
Pendatang Ilegal Meksiko
Pendatang ilegal Meksiko di perbatasan mencoba masuk ke Amerika Serikat. Foto: Redstate
- Advertisement -

TEXAS- Trump terbang ke perbatasan Texas dengan Meksiko untuk memperkuat kasusnya bahwa negara  sedang menghadapi krisis yang hanya dapat diselesaikan dengan menghabiskan miliaran dolar untuk membangun tembok.

“Kita dapat mengumumkan keadaan darurat nasional. Kita seharusnya tidak perlu melakukannya,” kata Trump kepada wartawan. “Ini hanya masalah akal sehat.”

Perjalanannya ke kota perbatasan McAllen, Texas, dilakukan pada hari ke-20 penutupan, yang menyebabkan sekitar 800.000 orang Amerika kehilangan pekerjaan atau bekerja tanpa upah.

Dia  telah mempertimbangkan apakah akan mengumumkan keadaan darurat nasional dan menggunakannya untuk menghindari Kongres dengan membangun tembok dengan uang yang dialokasikan untuk Departemen Pertahanan.

Pada hari Kamis, Trump mengatakan akan “sangat mengejutkan” baginya untuk tidak mengumumkan keadaan darurat nasional jika dia tidak dapat membuat kesepakatan dengan Demokrat.

“Saya belum siap untuk melakukan itu, tetapi jika harus, saya akan melakukannya,” kata Trump kepada wartawan.

Demokrat, yang mengendalikan Dewan Perwakilan Rakyat, menolak untuk menyetujui dana tersebut, dengan mengatakan bahwa tembok perbatasan tidak efektif, mahal dan tidak bermoral.

Mereka malah mengatakan mereka akan mengalokasikan lebih dari $ 1,3 miliar untuk langkah-langkah keamanan perbatasan yang tidak termasuk dinding.

Pada hari Kamis DPR yang dikuasai Demokrat meloloskan dua tagihan yang akan membuka kembali departemen Pertanian, Transportasi dan lembaga-lembaga lain yang sebagian besar telah ditutup selama hampir tiga minggu.

 

- Advertisement -