PBB Ingatkan Pengungsi Suriah di Lebanon Jangan Dulu Kembali Pulang

36 views
Ilustrasi
- Advertisement -

JENEWA – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan gelombang besar kepulangan pengungsi Suriah dari Lebanon, yang menurut PBB saat ini bukan waktu yang tepat untuk mereka kembali pulang.

PBB mengatakan kondisi saat ini tidak tepat untuk kembalinya kelompok pengungsi besar dari Lebanon ke rumah-rumah yang mereka tinggalkan di Suriah, meskipun pertempuran di negara yang dilanda perang itu sebagian besar telah surut.

Kehadiran sekitar 1,3 juta pengungsi Suriah akan menjadi beban besar kepada Suriah yang menderita ketidakstabilan politik, situasi ekonomi yang suram, dan tingkat pengangguran yang sangat tinggi.

Suriah sudah memasuki tahun ke-delapan dalam krisis yang telah menewaskan ratusan ribu orang, juga berdampak pada 5,6 juta pengungsi dan 6,2 juta lainnya mengungsi secara internal.

Negara tetangga Suriah, Lebanon, menampung jumlah pengungsi per kapita tertinggi, dengan sekitar 1 pengungsi untuk setiap empat penduduk.

Koordinator PBB untuk Lebanon, Philippe Lazzarini, dilansir VOA, mengatakan kondisi untuk populasi penduduk asli dan pengungsi tetap sangat berbahaya. Dia mengatakan ketegangan antara masyarakat di dalam negeri dan pengungsi tinggi, terutama karena persaingan untuk pekerjaan dengan keterampilan rendah.

- Advertisement -