Puluhan Ribu Pengungsi Suriah di Lebanon Hadapi Ancaman Cuaca Ekstrem

35 views
Bantuan untuk pengungsi Suriah di Lebanon yang tengah dilanda cuaca ekstrem/ AP
- Advertisement -

LEBANON – Kehidupan 70.000 pengungsi Suriah di kamp-kamp sementara di  Lebanon terancam kondisi cuaca ekstrem dan banjir yang tengah melanda negara tersebut.

Badai hebat dengan suhu yang lebih dingin dan angin kencang yang dijuluki Norma oleh para ahli meteorologi Lebanon telah mempengaruhi 11.301 pengungsi di 361 lokasi berbeda di seluruh Lebanon sepekan terakhir ini.

“Kondisi cuaca yang luar biasa ini membuat situasi hidup para pengungsi Suriah bahkan lebih berbahaya,” kata Philippe Lazzarini, koordinator penduduk dan kemanusiaan PBB untuk Libanon, pada Kamis (11/1/2019), dikutip Aljazeera.

Menurut PBB, 40.000 dari mereka yang berisiko adalah anak-anak. Mereka tinggal di 850 situs yang mungkin juga dilanda badai dalam beberapa hari ke depan.

Sementara itu, badan-badan PBB berusaha memberikan bantuan darurat ke daerah-daerah yang terkena dampak paling parah. Di wilayah Beirut dan Gunung Lebanon, beberapa kamp pengungsi telah runtuh di bawah salju tebal, sementara yang lain telah sepenuhnya banjir atau mengalami kebocoran air yang parah.

Di wilayah-wilayah ini, badan-badan PBB yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan LSM lainnya mendistribusikan barang-barang bantuan inti, seperti pakaian musim dingin, kasur, dan selimut.

Di wilayah Utara dan Akkar, hujan lebat dan banjir bandang telah mempengaruhi sekitar 1.750 pengungsi. Lembaga bantuan menyediakan air bersih dan perlengkapan kebersihan bersama dengan barang-barang darurat lainnya, termasuk distribusi paket makanan, untuk keluarga yang membutuhkan.

Situasi ini sangat sulit di daerah Bekaa dan Baalbek, yang telah dilanda hujan lebat dan hujan salju lebat. Sebanyak 315 lokasi berisiko, termasuk 117 yang diprioritaskan, dengan orang-orang yang membutuhkan tempat tinggal dan air.

Sekitar 1,5 juta pengungsi diperkirakan tinggal di Libanon hari ini, di mana satu dari setiap empat penduduk adalah pengungsi. Angka tersebut mencakup sekitar 31.502 pengungsi Palestina dari Suriah, 35.000 pengungsi Lebanon, dan populasi lebih dari 277.985 pengungsi Palestina yang sudah ada sebelumnya.

- Advertisement -