Yaman: Proses Damai Menjauh Lagi

37 views
- Advertisement -

Berdasarkan kesepakatan yang dicapai dalam perundingan marathon lebih sepekan di kawasan Rimbo, di luar kota Stockholm, Swedia, sejak 6 Desember lalu, kubu Houthi bersedia menarik pasukannya dari pelabuhan Hodeidah yang sangat strategis bagi Yaman.

Hodeidah yang berada di tepi Laut Merah adalah kota terbesar ke-4 di Yaman setelah Sana’a, Aden dan Taiz praktis lumpuh setelah pasukan loyalis Mansour Hadi bersama koalisi Arab Saudi membombardirnya dari darat, laut dan udara sejak Maret 2015.

Ironisnya, insiden berdarah penyerangan dengan pesawat nirawak itu terjadi selang beberapa hari setelah Utusan Khusus PBB untuk Yaman Martin Grifiths menyatakan optimismenya, proses perdamaian di negeri itu sedang berlangsung.

Proses damai selanjutnya sebetulnya akan digelar di Yordania untuk merundingkan pertukaran tawanan antara kedua belah pihak, dan kemudian PBB menggagas pertemuan konsultasi di Kuwait guna menyusun kerangka politik dalam upaya mengakhiri konflik.

Rakyat Yaman tentunya sudah bosan dijadikan tumbal peperangan, tapi mungkin pare elite negeri itu dan juga negara-negara yang terlibat konflik memiliki agenda lain untuk kepentingan masing-masing. (AP/AFP/ns)

- Advertisement -