Lebanon Tangkap Warga AS yang Masuk Wilayahnya Lewat Israel

20 views
Ilustrasi tentara Israel di perbatasan Lebanon/ GETTY
- Advertisement -

LEBANON – Pejabat militer Lebanon mengatakan telah menahan seorang warga negara Amerika yang telah menyeberang ke negara itu melalui Israel.

Patroli Direktorat Intelijen (dinas keamanan) menemukan warga negara Amerika Colin Emery bersembunyi di Tirus dan menangkapnya karena telah memasuki Lebanon pada hari Selasa (15/1/2019).

Seorang pejabat militer mengatakan kepada AFP bahwa pihak berwenang Lebanon telah melakukan kontak dengan misi penjaga perdamaian PBB, UNIFIL, atas insiden tersebut.

Lebanon dan Israel hingga kini masih dalam keadaan perang dan masing-masing melarang warganya mengunjungi negara lain. Tidak ada penyeberangan perbatasan di perbatasan yang dikontrol ketat.

Lebanon dan Israel dipisahkan oleh¬† “Garis Biru”, garis demarkasi yang ditarik oleh PBB untuk memverifikasi penarikan Israel dari Libanon selatan pada tahun 2000.

Sementara AS berkomentar jika negaranya akan membantu pembebasan warganya tersebut.

“Kami telah melihat laporan media tentang penangkapan seorang warga AS. Kami mengambil kewajiban kami untuk membantu warga AS di luar negeri dengan serius dan siap untuk menyediakan semua layanan konsuler yang sesuai,” kata Kedutaan Besar (Kedubes) AS dalam sebuah pernyataan.

- Advertisement -