Lebanon Serukan Liga Arab Terima Kembali Suriah jadi Anggota

84 views
Ilustrasi Kota Aleppo, Suriah porak-poranda dibombardir dalam perang saudara yang sudah memasuki tahun ketujuh (sindonews)
- Advertisement -

LEBANON – Menteri luar negeri Lebanon telah menyerukan Liga Arab untuk mengembalikan keanggotaan Suriah ke Liga Arab yang beranggotakan 22 negara.

Menurutnya, negara-negara Arab sedang bersiap untuk menyambut Damaskus kembali ke dalam pangkuan setelah bertahun-tahun isolasi diplomatik.

Berbicara pada sesi pembukaan pertemuan para menteri luar negeri Arab di Beirut, Gebran Bassil mengatakan adalah “rasa malu bersejarah” untuk menjauhkan Suriah dari pertemuan puncak ekonomi regional yang direncanakan hari Minggu.

“Damaskus harus kembali dalam pelukan kami,” ujarnya.

Suriah diskors dari Liga Arab pada 2011 dan ditampar dengan sanksi dan kecaman menyusul penindasan brutal terhadap protes anti-pemerintah.

Protes meningkat menjadi perang brutal yang telah menewaskan sekitar 500.000 orang.

“Suriah adalah yang paling tidak hadir dalam konferensi kami. Suriah harus berada di tangan kami daripada melemparkannya ke dalam senjata terorisme,” kata Bassil.

“Kita seharusnya tidak menunggu untuk mendapatkan izin untuk kembalinya sehingga kita tidak melakukan rasa malu bersejarah dengan menangguhkan anggota karena perintah eksternal.”

Komentarnya muncul tak lama setelah ketua Liga Arab Houssam Zaki mengatakan kepada wartawan bahwa “kembalinya Suriah tidak bisa dihindari,” menunjukkan bahwa Suriah tidak pernah diusir, hanya ditangguhkan.

Namun, Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit mengatakan bahwa tidak ada posisi Arab yang jelas mengenai mengembalikan keanggotaan Suriah.

“Sampai saat ini, kondisinya belum matang mengenai kembalinya saudara Suriah untuk menduduki kursi di Liga Arab karena ada sudut pandang yang berbeda,” katanya, demikian dilansir Aljazeera.

 

- Advertisement -