Dompet Dhuafa Bangun Instalasi Air Bersih di Wilayah Terdampak Gempa Lombok

22 views
- Advertisement -

LOMBOK – Dompet Dhuafa berhasil menyelesaikan pembangunan instalasi air bersih untuk warga Dusun Nyiur Setinggi, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara melalui program Air Untuk Kehidupan.

Wilayah Gangga merupakan salah satu wilayah yang  memiliki masalah dalam hal ketersediaan air bersih pasca gempa mengguncang Lombok, karena putusnya pipa penyalur air bersih dari mata air.

Akibatnya, warga terpaksa harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 100 ribu, untuk satu tandon air. Mobil penyedia air juga hanya datang seminggu sekali, jadi warga harus sangat menghemat air yang ada.

“Kami berterima kasih atas pembangunan ini. Memang setelah gempa aliran perpipaan yang ada di dusun (Nyiur Setinggi) terputus, lantaran akibat tertimbun longsoran,” ujar Suparman (55), Kepala Dusun Nyiur Setinggi, dikutip Zul dari Domper Dhuafa.

Fasilitas instalasi air bersih yang dibangun meliputi pembuatan bak penangkap berkapasitas 2.200 Liter, pipanisasi sepanjang 1.000 Meter, dan pemasangan bak penampung berkapasitas total 1.300 Liter.

“Dengan adanya fasilitas air bersih, warga tidak lagi mengonsumsi air kotor dari kolam-kolam darurat yang dibuat,” tutup Suparman.

- Advertisement -