Hamas Peringatkan Israel Tak Tutup Semua Sekolah Palestina di Yerusalem

33 views
Ilustrasi Sekolah anak-anak Palestina diserang tentara Israel/ MEMO
- Advertisement -

YERUSALEM – Kelompok perlawanan Palestina Hamas pada Senin (21/1/2019) memperingatkan Israel agar tidak menutup sekolah di Yerusalem Timur yang dikelola oleh badan pengungsi Palestina yang kekurangan dana PBB (UNRWA).

Menurut juru bicara Hamas Fawzi Barhoum, dikutip Anadolu,  langkah itu jika dilakukan akan merusak kehadiran Palestina di Yerusalem Timur dan hak-hak pengungsi Palestina.

Pada hari Sabtu, media lokal melaporkan bahwa Israel bermaksud untuk menutup semua sekolah yang dikelola UNRWA di Yerusalem Timur setelah tahun akademik saat ini.

Sekitar 1.600 siswa Palestina saat ini terdaftar di sekolah-sekolah UNRWA di Yerusalem Timur yang diduduki.

Barhoum menggambarkan rencana  diduga sebagai “bagian dari skema Zionis-Amerika untuk menghancurkan tujuan nasional Palestina”.

Dia mendesak UNRWA untuk terus menyediakan layanannya sambil juga menyerukan kepada komunitas internasional terutama kelompok-kelompok hak asasi  untuk campur tangan atas nama rakyat Palestina yang terkepung.

UNRWA didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1949 dengan tujuan yang dinyatakan untuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada para pengungsi Palestina di Yordania, Suriah, Lebanon, Tepi Barat dan Jalur Gaza.

- Advertisement -