Maduro Perintahkan Penutupan Kedutaan Besar Venezuela di AS

43 views
Nikolas Maduro
- Advertisement -

VENEZUELA – Presiden Nicolas Maduro telah memerintahkan penutupan kedutaan besar Venezuela dan konsulat di AS setelah Washington memberikan dukungan kepada pemimpin oposisi Juan Guaido yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara.

Keputusan tersebut datang hanya sehari setelah Caracas memutuskan hubungan diplomatik dengan Washington dan memerintahkan semua diplomat AS untuk meninggalkan Venezuela dalam waktu 72 jam.

Dalam pidatonya yang panjang pada sesi khusus di Mahkamah Agung, presiden Venezuela mengecam Presiden AS Donald Trump karena berusaha mengatur kudeta terhadap pemerintahnya dan mendukung pemimpin yang dideklarasikan sendiri itu.

“Saya percaya tidak ada keraguan bahwa Donald Trump ingin memaksakan pemerintahan de facto, pemerintahan inkonstitusional, kudeta terhadap rakyat dan demokrasi di Venezuela,” kata Maduro, dilansir Press TV.

“Tidak ada keraguan bahwa Donald Trump dengan kegilaannya meyakini bahwa dia adalah polisi dunia,” katanya.

Setidaknya 10 negara, termasuk Rusia, Turki dan Iran, telah menyatakan dukungan mereka untuk Maduro dan mengutuk campur tangan pihak luar di Venezuela.

 

- Advertisement -