TKI Hongkong Doa Bersama untuk Bangsa

158 views

HONGKONG – Ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Hong Kong menghadiri zikir, taushiyah, dan doa bersama untuk bangsa dengan tema “Dari Hong Kong untuk Indonesia” yang di selenggarakan Dompet Dhuafa (DD) (27/1) di lapangan rumput hijau, Victoria Park Causeway Bay.

Dihadapan para peserta yang sebagian besar merupakan perwakilan berbagai organisasi pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong. Imam Baihaqi, selaku Pimpinan DD Hong Kong dalam sambutannya menyatakan bahwa dasar kegiatan ini adalah untuk merajut kembali ukhuwwah sesama muslim dan anak bangsa di saat adanya perbedaan yang semakin mengemuka, baik dalam penafsiran tentang agama atau karena pandangan politik yang tak sama. “Boleh berbeda, tapi ukhuwwah tetap dijaga, apalagi kita sebagai WNI dirantau yang jauh dari keluarga”.

Imam menambahkan, “sebagai Pimpinan cabang DD Hong Kong yang baru, kami berharap senantiasa terjalin sinergi antara DD Hong Kong yang saat ini berusia 15 tahun dan organisasi-organisai WNI serta komunitas Hong Kong atau Macau lainnya baik dalam program layanan-dakwah, advokasi, dan pemberdayaan agar tujuan kita merantau di Hong Kong tidak hanya mencari pundi-pundi namun juga turut dalam syiar Islam, berbagi sesama, dan ikhtiar bersama agar sukses di rantau, mandiri di negeri sendiri”.

Kegiatan dilanjutkan dengan motivasi dan sharing “Merawat Asa” bersama Maya Sita, GM Human Capital Dompet Dhuafa, yang juga seorang psikolog. Juga Taushiyah dan Zikir bersama Ust Ahmad Fauzi Qosim, sekretaris Dewan Syariah DD sekaligus menyampaikan stadium general Ziswaf Course dan Sekolah Daiyah Ulil Albab yang diikuti para perwakilan ketua organisasi dan volunteer yang akan dilaksanakan pada Januari-maret 2019 dan diampu oleh para Dai Cordofa, program ini merupakan lanjutan program DDHK 2012 lalu dalam mensyiarkan dakwah ziswaf (zakat, infaq, sedekah, dan wakaf) dan kaderisasi Daiyah dari kalangan pekerja migran.

Diakhir acara ditutup dengan doa untuk bangsa dan dunia Islam serta sahabat-sahabat PMI yang sedang sakit oleh Ust H Ali Makmun, yang merupakan pendakwah dari perwakilan pekerja migran Indonesia di Hong Kong sekaligus penyerahan secara simbolis dana kemanusiaan sebesar 40.000 HKD atau senilai Rp. 72 juta yang dihimpun oleh para volunteer dan perwakilan organisasi untuk meringankan para korban musibah di berbagai daerah di tanah air melalui Dompet Dhuafa. – AFQ/Dompet Dhuafa