Bangladesh Minta Bantuan AS untuk Tekan Myanmar Masalah Pemulangan Rohingya

7 views
- Advertisement -

BANGLADESH – Menteri Luar Negeri Bangladesh mengatakan perlu bantuan AS untuk memnerikan tekanan pada Myanmar untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi Rohingya yang akan dikembalikan.

AK Abdul Momen membuat pernyataan pada hari Kamis (31/1/2019) dalam sebuah pertemuan di ibukota Dhaka dengan Earl Robert Miller, duta besar AS untuk Bangladesh.

Saat memindahkan beberapa Rohingya ke Bhashan Char, sebuah pulau terpencil di pintu masuk Teluk Bengal yang rawan bencana alam, Momen mengatakan kepada Miller bahwa sekitar 100.000 warga Rohingya direncanakan akan dipindahkan di sana atas dasar sukarela.

Anadolu melaporkan, dia menekankan Rohingya akan memiliki kesempatan untuk mencari nafkah di sana, menjanjikan keamanan dan mengatakan pulau-pulau itu akan seperti Singapura.

Sebagian besar dari 750.000 lebih pengungsi Rohingya di Bangladesh saat ini tinggal di tenggara negara itu di daerah-daerah seperti Cox’s Bazar, setelah melarikan diri dari kekerasan dan penganiayaan di Myanmar.

Suasana yang dinilai belum aman membuat rohingya menolak dikembalikan, dan hal ini kuga didukung PBB yang menyatakan repatriasi rohingya harus dditunda karena dikhawatirkan akan kembali terjadi kekerasan.

 

- Advertisement -