Pak Pos Tidak Gajian

102 views
Pos Keliling dulu selalu dicari warga masyarakat. Sekarang sudah tak ada lagi.
- Advertisement -

PT POS Indonesia termasuk BUMN heibat. Di tengah gempuran teknologi informasi dan aplikasi, perusahaan plat merah jasa pengiriman surat itu masih bisa bertahan. Padahal usaha lain banyak yang kolaps, lalu merengek-rengek pada pemerintah. Kenapa Pos Indonesia bisa bertahan, karena terus berinovasi. Tapi lantaran sekedar bertahan, kesejahteraan pegawai bawahan tak memuaskan. Sejak Juni 2018 pegawai “bergolak” dan klimaksnya terjadi demo besar-besaran di kantor pusat Bandung. Malah mulai 1 Februari kemarin pegawai PT Pos Indonesia belum gajian.

Ini mungkin baru terjadi kali pertama di Indonesia. Demo pegawai langsung berdampak tidak terima gaji. Apa bagian urusan gaji ikut mogok bekerja? Tragis memang, gara-gara pegawai Pos Indonesia demo, berujung pula pada demo cacing-cacing di perut pegawai  lantaran kelaparan. Orang Jawa menyebutnya: cacing kluruk.

Pos Indonesia adalah perusahaan warisan Belanda paling tua di Indonesia. Pertama kali didirikan pada 26 Agustus 1746 jaman Gubernur Jendral GW Baron Van Imhof. Era kepemimpinan Gubernur Jenderal Daendels  membuat kemajuan berarti di dalam pelayanan pos saat dibangun jalan Daendels dari Anyer sampai Panarukan. Jalan sepanjang 1.000 km ini sangat membantu dalam mempercepat pengantaran surat-surat dan paket-paket antarkota di Pulau Jawa. Jalan yang dibuat dengan metode rodi (kerja paksa) ini dikenal dengan nama Groote Postweg (Jalan Raya Pos).

Pada tahun 1906, pos di Indonesia dinamakan Posts Telegraafend Telefoon Dienst atau Jawatan Pos, Telegraf, dan Telepon (PTT). Pada saat pendudukan Jepang di Indonesia, Jawatan PTT dikuasai oleh militer Jepang. Angkatan Muda PTT (AMPTT) mengambil alih kekuasaan Jawatan PTT tersebut dan kemudian secara resmi berubah menjadi Jawatan PTT Republik Indonesia. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 27 September 1945. Hari itu pun diperingati sebagai Hari Bakti PTT atau Hari Bakti Parpostel.

- Advertisement -