BNPB: Status Tanggap Darurat Ditetapkan atas Erupsi Gunung Karangetang

53 views
Ilustrasi erupsi Gunung Gamalama, Ternate, Maluku Utara/ galamedianews
- Advertisement -

MANADO – Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaoa, Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan status tanggap darurat bencana erupsi Gunung Karangetang selama tujuh hari, sejak Kamis (7/2/2019).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Pemkab menetapkan status tersebut setelah melihat situasi dan kondisi rill di lapangan serta rekomendasi dari PVMBG, kantor pengamat Gunung Karangetang dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

”Sementara ini jarak 500 meter dari aliran lava telah disterilkan atas arahan BPBD,” jelasnya.

Sutopo melanjutkan, Pemerintah Daerah (Pemda) dan jajarannya telah melakukan rapat koordinasi dan mengirimkan bantuan kepada korban terdampak. Bantuan logistik dikirimkan ke Kampung Batubulan dan Kampung Beba.

Namun akses yang sulit menuju lokasi karena terputus terkena dampak erupsi membuat bantuan sedikit terkendala. Bantuan rencananya akan dikirimkan melalui jalur laut, namun ombak dan angin juga menjadi kendala.

“Pemda berniat membuka jalur baru dari Kampung Nameng ke Kampung Batubulan dengan mengerahkan bantuan masyarakat dan TNI Polri untuk membuka akses jalan,” jelas Sutopo, dikutip Republika.co.id, Jumat (8/2/2019).

- Advertisement -