Tidak Ada Eksplorasi Baru Terhadam SDA Indonesia

9 views
Seminar Pengelolaan Pertambangan Minerba Konstitusional di Jakarta (11/2). - Foto Adit/KBK
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Sampai dengan tahun 2019 tidak ada penemuan baru terhadap sumber SDA di Indonesia. Ini bisa terjadi karena ketiadaan eksplorasi. Hasilnya kita hanya terus memanfaatkan SDA yang sudah ada dengan terus menyedotnya. Hal itu dipaparkan oleh Arif Zardi Dahlius dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia dalam seminar bertajuk Pengelolaan Pertambangan Minerba Konstitusional di Jakarta (11/2).

Menurut Arif, di sektor hulu tidak ada daerah baru yang hasilkan energi karena tidak adanya eksplorasi. Sementara angka produksi terus bertambah, dampaknya dalam satu dekade cadangan SDA Indonesia menurun drastis.

“Dunia eksplorasi di Indonesia suram, UU sudah bagus, PP ny sudah ada tetapi implementasinya perlu diperkuat,” Kata Arif.

Pengamat Pertambangan Tino Adhiyanto mengatakan hukum dan ketertiban seperti yang tertuang dalam UU minerba ada untuk tujuan menegakan keadilan dan ketika mereka gagal dalam tujuan ini, mereka menjadi bendungan berbahaya yang menghalangi arus kemajuan sosial.

“Setiap satu galon yang kita tambang, kita harus mencari gantinya. eksplorasi harus dilakukan guna mengganti sumber daya yang telah kita gunakan,” jelasnya.

Tino melihat masalah lain di dunia pertambangan Indonesia adalah masih menjadikan komoditas tambang sebagai komoditas perdagangan, bukan sebagai modal untuk pembangunan.

“Harusnya kita jadikan komoditas pembangunan dan ketahanan,” ucapnya.

- Advertisement -